Another part of notonegoro.net

April 5, 2006

Bersepeda itu (ternyata) Mahal!

Filed under: Sport @ 12:02 pm

Waktu yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa adalah 24 jam sehari. Di mana pada umumnya 8 jam digunakan untuk beristirahat alias tidur. 8 jam berikutnya, umumnya, digunakan untuk bekerja. Dan di 8 jam sisanya, mungkin 4 jam diantaranya dihabiskan untuk bermacet ria di jalan-jalan Jakarta, 2 jam berleha-leha sambil baca koran, nonton tv, membereskan perlengkapan kegiatan sehari-hari dan sebagainya. 1 jam dipakai untuk membersihkan diri dan sisanya dipakai beribadah. Waktu terasa cepat berjalan dengan segala jenis makanan yang kita kunyah, tanpa pikirkan kadar gizinya dan tentunya kesehatan Anda sendiri. Terkadang habis pergi beraktifitas Anda (saya termasuk salah satunya :D ) terlalu malas untuk berolahraga. Weekend pun terkadang lebih sering dihabiskan untuk beristirahat setelah 5 hari bekerja atau berekreasi dengan keluarga. Jarang biasanya olahraga dimasukkan ke dalam agenda weekend (sekali lagi, saya termasuk salah satunya..hehe..). Lalu kapan Anda akan memulai olahraga dalam keseharian Anda?

Ngomongin tentang olahraga, saya teringat sekitar dua tahun lalu. Ya, DUA tahun lalu, di depan hadapan teman saya yang lagi menunggu bimbingan untuk Penulisan Ilmiah saya sempat bercerita bahwa mulai bulan April 2004 saya akan mulai olahraga, entah apa itu yang penting olahraga. Sempat sih olahraga, saya lari di sekitar depan jalan rumah saudara saya yang panjang jalannya sekitar 100 meteran dan dikelilingi hanya lima kali saja. Tapi itu juga cuma sekali dilakukan, sehabis itu saya tidak pernah lagi.. karena saya terlalu takut untuk berlari sendiri di tempat yang masih gelap itu.. :)) Habis itu tidak terdengar lagi gema saya untuk berolahraga.

Cerita lain kebetulan pula waktu itu di dekat kantor ada gym, pengen ikut namun terasa cukup mahal biaya anggotanya perbulan. :(( Dibatalkan kembali niat untuk berolahraga ini. Tapi ada teman waktu itu yang sempat daftar tapi baru sekali saja dia mengikuti latihan di sana.. dan habis itu tidak datang lagi ke gym :)) Kecapekan dia mungkin dengan kegiatan sehari-harinya. :)

Nah, beberapa bulan ini mulai kepikiran kembali untuk berolahraga, ini mungkin dikarenakan pola makan yang kurang sehat (daging kambing mulu, mana sehat! eh, ini gratis loh alias dibayarin. :p ) Tapi bagaimana caranya ya? Ah iya, bagaimana kalau masukkan kegiatan olahraga dalam agenda kerja saya saja? Yup, dengan bersepeda dari rumah ke kantor dan sebaliknya. Ide bagus bukan? Ide bersepeda tentunya diilhami oleh b2w Indonesia. Karena tadinya saya pikir bersepeda itu tidak terlalu mahal. Maka mulailah pemburuan akan sepeda yang cukup untuk menemani berolahraga. Berikut adalah daftar harga yang saya dapatkan untuk kebutuhan minimal bersepeda ke kantor: (Harga tercantum adalah per Maret 2006, halah)

Sepeda* (tentunya): Rp. 2.525.000,-
Rack: Rp. 200.000,-
Helm: Rp. 200.000,-
Lampu depan: Rp. 160.000,-
Lock: Rp. 90.000,-
Standard: Rp. 30.000,-
Folding Tools: Rp. 145.000,-
Pompa Ban: Rp. 155.000,-
Ban dalam: Rp. 30.000,-
Sarung tangan: Rp. 70.000,-
Botol minum: Rp. 50.000,-
Botol cage: Rp. 50.000,-
Air Filter: Rp. 30.000,-
Ring Bell: Rp. 15.000,-
Baju Sepeda: Rp. 100.000,- Not have to.
Celana Sepeda: Rp. 100.000,- Oh yeah, I want to look sexy baby. :P

Total: Rp. 3.950.000,-

Wahaha.. hampir empat juta untuk bersepeda saja. hahaahha.. :)) Gak kuat saya ngeliat harganya.. sambil tertawa sedih nih.. Tertawa, karena saya belum ada uang sebesar itu dan sedih karena gak jadi olahraga (lagi). :))

Biaya di atas adalah biaya perkiraan yang terkadang tidak sesuai dengan harga pasaran dan tergantung tipenya juga sih. :P Mungkin total biaya di atas dapat dieliminasi beberapa benda, seperti air filter (itu loh buat filter udara, tapi hati-hati terhadap polusi udara ya?), rack (tapi hati-hati untuk menaruh tas berat Anda di punggung, mungkin akan melukai diri Anda sendiri), serta botol minum dan cage-nya (kalau haus beli di jalan aja deh). Untuk sepedanya pun saya memilih yang jadi, walau bisa juga dirakit dari awal tapi untuk harga rakitan ini saya tidak tahu berkisar berapa.

Satu yang saya pelajari, ternyata bersepeda itu mahal! :)) Terus kapan dong saya olahraga? :((

* Pilihan saya adalah Zero. Kenapa? karena saya suka. :P

28 Comments »

  1. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.1 on Windows Windows XP

    euh, belum handuk, sabun, sikat gigi, odol … :P
    kan sampe kantor mandi lagi, keringetan gitu loh :D

    euh, tidur 8 jam sehari? –; enak banget …

    Comment by aldi — April 5, 2006 @ 2:12 pm
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.1 on Windows Windows XP

  2. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.0.7 on Windows Windows Server 2003

    Yup betul, tapi kan bisa ambil dari persediaan di rumah. :p

    hehe.. kan pada umumnya bos. :P

    Comment by bn — April 5, 2006 @ 5:50 pm
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.0.7 on Windows Windows Server 2003

  3. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.0.7 on Windows Windows XP

    wah sekarang udah malas naik sepeda. Kalau catur disebut sbg olahraga, Maen video game termasuk olah raga nggak? saya pilih maen play station saja, 8 jam sehari… :-ss

    Comment by ebo — April 8, 2006 @ 7:25 am
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.0.7 on Windows Windows XP

  4. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.1 on Windows Windows ME

    wah bagaimana yah , cuma punya sepeda ontel yang sering disebut dengan sepeda jengki itu :) , harganya?? murah cuma seratus rebu :D

    tapi yang penting olahraganya kan?

    Comment by kus — April 11, 2006 @ 10:10 am
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.1 on Windows Windows ME

  5. Using Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

    SIAPA BILANG MAHAL
    Sepeda* (tentunya): Rp. 1.700.000,- (un merk)
    Rack: -
    Helm: (pake helm motor yg catok) Rp. 30.000
    Lampu depan: (ga usah pake lampu) ganti senter taruh di helm Rp. 20.000
    Lock: terima aja apa adanya
    Standard: (sdh termasuk pd saat pembelian sepeda)Folding Tools: terima jadi aja
    Pompa Ban: (mompa di tukang sepeda)2 ban Rp.1.000 kan ga tiap hr kempes
    Ban dalam: udah termasuk pd saat beli sepeda
    Sarung tangan: (ga usah pake)Kulit biar coklat kan keren tuh
    Botol minum: (ganti pake botol Aqua) Rp.2000 bisa diisi air dr rumah
    Botol cage: (taruh di tas pinngang) beli dipasar Rp.20.000
    Air Filter: (ga usah pake)
    Ring Bell: (sdh trmasuk saat pembelian)
    Baju Sepeda: (Kaos Oblong bali) Rp.15.000
    Celana Sepeda: (celana pendek beli dipasar) Rp.20.000

    All = 1.808.000
    Selish = Rp.2.142.000 dari perhitungan pertama
    Sisanya… bisa Beli IPOD, naik sepeda sambil denger musik
    :d:d:d
    Selamat berolahraga…:):)

    Comment by julia — April 12, 2006 @ 12:21 pm
    Using Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

  6. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.0.7 on Windows Windows XP

    #3 Hehe.. yang pasti saya tidak akan tahan untuk main playstation sampai 8 jam. :D
    #4 Wah, saya jadi terinspirasi untuk membeli sepeda ontel teman saya. Mudah-mudahan dia mau melepasnya, daripada jadi onggokan besi tidak berguna.. hehe.. Amin.
    #5 Ban dalamnya maksudnya untuk sekadar cadangan doang koq. :) Tapi koq senter sih?!? :-\

    Comment by bn — April 22, 2006 @ 8:35 pm
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.0.7 on Windows Windows XP

  7. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.3 on Windows Windows XP

    sepeda : pinjem :)
    helm : 180 rb

    udah cuman itu aja tuh, hemat 3.7 jt :)
    gw juga baru beberapa kali bike2work

    lam kenal

    Comment by andriansah — May 20, 2006 @ 1:49 pm
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.3 on Windows Windows XP

  8. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.4 on Windows Windows XP

    wa tukang kebon saya “bike to live”.. sepedanya juga hibah dari orang, udah itu aja.. selamat sampai tujuan para clients yang membutuhkan jasanya.. yang penting niat..
    :-?:-?:-?:-?:-?

    Comment by bike to live — June 12, 2006 @ 3:22 pm
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.4 on Windows Windows XP

  9. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.0.6 on Windows Windows XP

    mau olah raga yg super duper irit en bisa dilakuin tiap hari??? ini solusinya.. lari aja dari kantor kerumah bolak-balik tiap hari hehehe…..
    gak ada efek samping slain kecapekan, kemaleman, masuk ngin, betis membesar, bau bb bertambah, sabun mandi cepet abis, parpum herus selalu ada, dan… sebagainyah.. :d

    Comment by aDeN — July 2, 2006 @ 12:41 pm
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.0.6 on Windows Windows XP

  10. Using Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows 2000

    kalo mo keliatan keren bersepeda ya… pake segala macem pernak-pernik itu… tapi yg kita cari kan olah raga-nya..tukang somay, ojek sepeda dll sehat2 aza tuh
    :d:d:d
    gw B2W jg ga pake macem2, cm modal speda MTB Federal tua aja (minum pake botol aqua disimpen di tas)
    :)>-

    Comment by Agus — September 6, 2006 @ 10:14 am
    Using Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows 2000

  11. Using Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

    we sya pikir sepeda gak semahal itu, ada koq yang di bawah satu juta cuma beda merek tapi yang penting kan olahraga and so pasti sehat. buat aksesorinya di cicil aja dikit2, aksesoris itu maksudnya lampu,lock etc. kalo kaos or celana sih kan tak usah beli pake aja baju yang lama.

    Comment by iman — May 11, 2007 @ 3:22 pm
    Using Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

  12. Using Internet Explorer Internet Explorer 7.0 on Windows Windows XP

    Waaahhh..
    bener banget tuh…Olahraga sepeda gak mesti mahal..Banyak kok sepeda yang harganya cuma ratusan ribu aja..Kalo gak percaya coba aja dateng ke toko sepeda..

    Saya sendiri merasakan manfaatnya berolahraga sepeda ini..Biar bagaimana pun saya lebih memilih sehat daripada sakit !…

    Dan yang namanya sehat tidak akan bisa diukur dengan uang .. Jadi daripada mikirin duit yang akan keluar buat beli ini itu, yang penting jalanin aja dulu dengan apa yang ada…

    Bravo sehat!

    Comment by evarais — July 7, 2007 @ 1:37 pm
    Using Internet Explorer Internet Explorer 7.0 on Windows Windows XP

  13. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.7 on Windows Windows XP

    Tetep mau bersepeda om? Ini saya ada list yang murmer.

    1. Sepeda Federal bekas : 200-300rb.
    2. Sarung tangan : 20rb
    3. Helm : 100rb
    4. Celana pendek biasa : 20-70rb
    5. Kaos lengan panjang : 70-100rb

    Total jenderal sekitar 500rb. :)>-

    Comment by bowgank — September 24, 2007 @ 8:43 am
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.7 on Windows Windows XP

  14. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.12 on Windows Windows Server 2003

    halo om, terima kasih penawarannya.. saya sudah punya sepeda, alhamdulillah.. :) nanti penawarannya akan saya sebarkan ke yang membutuhkan om, insyaallah..

    Comment by bn — September 24, 2007 @ 10:01 am
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.12 on Windows Windows Server 2003

  15. Using Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

    Dear smua,

    sepatu sepeda spt apa ya.

    Comment by nizar yambaqo — October 31, 2007 @ 4:16 pm
    Using Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

  16. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.12 on Windows Windows Server 2003

    sepatu sepeda spd kali ya? spd itu keluarannya shimano, seperti sepatu biasa aja.. bedanya dia ada cleat, sehingga sepatu “seolah-olah” nempel di pedal.. dan untuk melepasnya cukup “goyang” tumit aja. hehe..

    pemakaian sepatu ini umumnya membutuhkan adaptasi sedikit, atau lebih tepatnya mungkin seperti orang yang baru belajar menggenjot sepeda.. hehe.. tapi penggunaan sepatu ini berguna karena tenaga terpusat di kaki sehinga genjotan lebih efektif dan efisien.. lebih kurang seperti itu.. :)

    Comment by bn — November 3, 2007 @ 5:58 pm
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.12 on Windows Windows Server 2003

  17. Using Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

    Ada info yg bikin baju seragam bersepeda gak?
    Please informnya. thanx

    Comment by yudi susanto — January 3, 2008 @ 4:17 pm
    Using Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

  18. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.12 on Windows Windows Server 2003

    saya kurang tahu tepatnya di mana, tapi biasanya teman-teman bikin di bandung.. tanpa bermaksud sponsorin atau apa-apa.. kalo gak salah namanya triple b.. itu yang saya tahu sih.. hehe.. semoga membantu :)

    Comment by bn — January 8, 2008 @ 10:48 am
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.12 on Windows Windows Server 2003

  19. Using Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

    Mahal Om … tapi buat Hobi ga masalah

    Sepeda : Schwinn Fastback Elite (Rp 4 Jt an )
    Helm : Polysport : 160rb
    Sarung tangan : Polygon 70rb
    Celana & baju : 200 rb (sport abis men)
    Sepatu diadora khusus balap : 750rb
    Speedo meter : 120rb
    Botol n Tempatnya : 50rb

    Total : 5 juta Lebih …

    Comment by riza — January 20, 2008 @ 7:37 pm
    Using Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

  20. Using Internet Explorer Internet Explorer 7.0 on Windows Windows Vista

    Kalo masalah hobi mana bisa ditinggalin??!:-?
    Kalo emang undah hobi nyepeda mau gimana lagi??:-w
    Harga segitu pasti masih dibilang biasa-biasa aja..
    Malahan ntar ketagihan pingin upgrade terus..\:d/
    Masalah budget bisa diatur. Beli aja sepeda jadi dulu,
    ntar kalo uda ada uang baru upgrade sepedanya
    ato beli acsssesoris. Kan bisa gitoe,,,:)>-:)>-

    Saya aja udah abiz banyak buwat turutin hati
    saya untuk sepeda tercinta he..he..he..:x:x
    Rincian:
    POLYGON COZMIC ROYALE SERIES Rp 5.675.000
    Back pack CONSINA Rp 215.000
    Pedal SHIMANO M-545 (Clipless) Rp 400.000
    Helm MICHELIN mx Free Rp 475.000
    Bottle cage TOPEAK Rp 50.000
    Folding Tools TOPEAK Rp 185.000
    Bell Sierra Rp 8.000
    Sarung tangan (gloves) SHIMANO Rp 175.000
    Arm warmer Rp 50.000
    Head light CAT EYE Rp 220.000
    Flash light ZEFAL Rp 25.000
    Mini pump TOPEAK Rp 155.000
    Dll. dech
    Totalnya sekitar 8 jt-an lah..:d

    Ya saya sempat mikir-mikir ternyata uang yang
    sudah saya gunakan banyak juga ya?! Cukup buat
    beli bakso berapa ya????8-|8-|8-|
    hahahahaha

    Tapi namanya juga hobi,,;););)

    Comment by T-T0 — January 30, 2008 @ 9:29 am
    Using Internet Explorer Internet Explorer 7.0 on Windows Windows Vista

  21. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.3 on Windows Windows XP

    Bos…gimana pake ontel…???

    yang mo dicari apa? olahraga kan?

    pake ontel aja, cuma 500ribuan, bisa ngenang suasana nostalgia jaman dulu yang adem ayem… trus spedanya bisa bunyi ck..ck..ck…, ontel tercipta disesuaikan bentuk kenyamanan bersepeda stang ga perlu lurus, ga perlu bongkok!! nyaman, awet, bayangin… hampir dua era perang penjajahan masih tetep utuh…!!!

    dijamin punggung gak bakal bongkok..!!!

    ngontel aja yaa..>????

    dari pada SETANG LURUS BADAN BONGKOK, mending Setang BENGKOK ngga bikin ENCOK!!

    Hidup Ontel…

    budayakan bersahaja… ga perlu keren2 pake sepedah bagus… knikmatan kesabaran dalam bersepeda yang penting…!!!

    Comment by bersahaja — March 4, 2008 @ 9:06 am
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.3 on Windows Windows XP

  22. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows XP

    Ada yang tau dimana di tempat membuat baju sepeda (cycling jersey) tolong di info ke saya, trims

    Wayan

    Comment by I Wayan Kertayasa — March 4, 2008 @ 8:32 pm
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.12 on Windows Windows XP

  23. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.12 on Windows Windows XP

    #21. Makasih ya Om atas usulannya.. emang sih ada keinginan juga pengen punya onthel.. hehe.. tapi kayaknya sekarang gak dulu deh.. masih mau “bercinta” sama sepeda yang ada dulu.. hehe.. thanks ya om..

    #22 Setahu saya sih bisa di Triple B Om.. Tapi di Bandung.. hehe.. tepatnya di Jl. Burangarang No. 3, (022) 730 5422.. coba aja Om kalo ada kesempatan.. ini bukan promosi loh ya?

    Comment by bn — March 9, 2008 @ 5:35 pm
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.12 on Windows Windows XP

  24. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.11 on Windows Windows XP

    Saya bisa nolong menyediakan kostum untuk bersepeda…

    Teman2 bisa mengunjungi http://bikinbajubola.multiply.com/photos/album/7/Baju_Sepeda

    Comment by Richard — March 9, 2008 @ 7:49 pm
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.11 on Windows Windows XP

  25. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.4 on Windows Windows XP

    Mau Bli Helm Michellin Mx D bandung dmn Y?

    Comment by IdaR — April 29, 2008 @ 4:05 pm
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.4 on Windows Windows XP

  26. Using Internet Explorer Internet Explorer 7.0 on Windows Windows XP

    he he. Bersepeda gak usah mahal-mahal amat kali. Toh itu hanya pinjaman dari Tuhan yang bakal diambil lagi.
    Saya pake polygon premier buat b2w-an. Muannnyyyuuusss buanget. pokoknya T O P B G T.Harganya Rp.1.755.000 Nanti rencananya tahun depan mau ganti group shimano deore (9 speed).

    Comment by arif — July 2, 2008 @ 11:03 am
    Using Internet Explorer Internet Explorer 7.0 on Windows Windows XP

  27. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.12 on Windows Windows XP

    minjem sepeda tetangga aja bay.
    Gratiisssss

    Comment by cps — September 22, 2008 @ 4:35 pm
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.12 on Windows Windows XP

  28. Using Opera Opera 9.20 on Linux Linux

    beli clananya dimana?

    Comment by intan — January 19, 2009 @ 7:03 pm
    Using Opera Opera 9.20 on Linux Linux

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

You can use these tags and emoticons: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

Generated in 0.121 seconds.