Another part of notonegoro.net

May 28, 2007

Gaya Penulisan Parodi dan Pesan di dalamnya

Filed under: Diary @ 7:46 am

Salah satu kesenangan saya di hari minggu adalah membaca sebuah rubrik yang terbit setiap hari minggu di surat kabar harian Kompas karya Samuel Mulia. Entah kenapa rubrik yang bernama Parodi ini selalu menarik untuk disimak, entah karena metode tulisannya ataupun isu-isu yang diangkat, yang terkadang menyentuh saya, baik dari kisah pribadinya penulis, termasuk sifatnya ataupun klien dan teman-temannya. Hehe.. btw, penasaran jadinya tentang reaksi teman-teman atau klien-kliennya yang ditulis yang bersangkutan ketika membaca rubrik tersebut?!? hehe..

Parodi yang terbit tanggal hari Minggu kemarin, 27 Mei, benar-benar menarik. Dari judulnya saja sudah menohok saya “Mendadak Bisu, Mendadak Tuli” yang mengingatkan bahwa saya sudah mengalaminya Jumat kemarin.. wakaka.. Poor me, menelefon teman, baiklah gebetan, namun tidak mendapat reaksi apa-apa setelah SMS tidak dibalas, yang cuma bisa membuat saya berpikiran positif bahwa pulsa yang bersangkutan sedang habis.. hehe.. Kenapa ya dia mendadak bisu dan tuli seperti itu, walaupun tidak mendadak buta karena email saya dibalas walau untuk sekadar menyenangkan saya.. :( keke.. :P

Kemudian subjudul berikutnya, “Lain di mulut, lain di hati”, menohok kejadian lain di hari yang sama. Walaupun mungkin perlu saya ubah sedikit menjadi “lain di mulut, lain di telinga, lain di arti”. Entahlah karya yang sudah saya buat dicari kelemahannya untuk kemudian diceritakan kepada teman yang membuat saya mendapat prejudiced bersalah. Bukannya saya tidak menerima saran dan kritik, namun cara penyampaiannya itulah, yang saya dengar dengan kuping sendiri, membuat teman berpangkat tinggi tersebut mengeluarkan prejudiced itu. Bad you. Tapi inshaAllah hal itu tidak akan membuat saya down. Life must go on, right? ;)

Namun hal yang membuatnya semakin menarik ketika membaca SMS Tika Pangabean kepada penulis rubrik, yang saya kutip tanpa seizin mereka, People maybe unkind, just be kind. They may cheat, just be honest. They may forget your good deeds, just do good. In the end, it is between you and God, not you and them. Menarik sekali bukan? :)

Mungkin saya salah menyimpulkan, namun yang saya tangkap bahwa setiap artikel Parodi ini selalu mencoba menngajarkan kebaikan-kebaikan yang dapat dilakukan dalam hidup ini, walaupun, yang katanya, sang penulis tidak sesempurna itu. Satu pertanyaan lagi sebenarnya setelah membaca beberapa kali rubrik ini di saat-saat kali pertama rubrik ini diterbitkan. Kenapa ya Samuel Mulia tidak membuat blog saja? karena saya yakin akan banyak pembaca blog memberikan komentar tentang tulisannya.. hehe.. atau jangan-jangan saya yang tidak tahu kalau beliau sudah mempunyai blog? :D

Tulisan ini juga cukup menarik untuk dibaca, yang berjudul “Jika Ada Takdir, Di mana Posisi Do’a?” yang mungkin penasaran atau bingung di mana letak mereka berdua?!? :)

3 Comments »

  1. Using Internet Explorer Internet Explorer 7.0 on Windows Windows XP

    Thanks for stopping by… Penggemar Samuel juga niiiy… GImana kalau kita bikin fans clubnya aja? :d

    Comment by bri — May 28, 2007 @ 8:36 pm
    Using Internet Explorer Internet Explorer 7.0 on Windows Windows XP

  2. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.11 on Windows Windows Server 2003

    wekeke.. gak terlalu sih?!? :p
    tapi ayolah kalo mau bikin fans clubnya.. hehe.. :D

    Comment by bn — May 29, 2007 @ 8:04 am
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.11 on Windows Windows Server 2003

  3. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0 on SuSE Linux SuSE Linux

    Terima kasih sudah menempatkan link “Jika Ada Takdir, Di mana Posisi Do’a?”. Kebetulan saya sendiri pernah korespondensi dengan Samuel Mulia waktu saya jadi co-moderator di milis Forum-Pembaca-Kompas.

    Orangnya memang menyenangkan dan sesuai dengan cara dia bertutur kata pada rubrik parodi itu.

    Comment by Vavai — June 19, 2007 @ 7:33 am
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0 on SuSE Linux SuSE Linux

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

You can use these tags and emoticons: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

Generated in 0.071 seconds.