Another part of notonegoro.net

July 2, 2007

Pengalaman hampir terbang di BonBin Ragunan dan Bike Clinic

Filed under: Sport @ 8:49 am

Acara Bike Clinic Sabtu kemarin (30 Juni 2007) diawali dengan mengelilingi Kebon Binatang (BonBin) Ragunan. Dibilang mengelilingi karena tampaknya ada salah pengertian letak pintu utara atau barat yang seharusnya menjadi meeting point, namun setidaknya kami, yang sebelumnya berkumpul di gedung IM2, mendapat pemanasan terlebih dahulu sebelum mencoba track Jakarta Challenge yang seminggu sebelumnya dipakai untuk perlombaan.

Kami mencoba mengelilingi track 4X kalau tidak salah. Terdapat dua jenis track saat itu, untuk XC dan 4X. Panjang track tersebut kalau tidak salah mencapai 4.5 km sendiri, dan bila mengikuti lomba diharuskan melalap 5 lap terlebih dahulu sebelum mencapai tempat finish. Kondisi tanah waktu itu cukup licin namun tidak juga becek untuk dilalui, sampai akhirnya terdapat beberapa tanjakan yang harus dilalui. Sejujurnya saya sedang mencoba memperbaiki persepsi bahwa tanjakan itu tidak enak, saya mencoba untuk menggenjot perlahan namun selalu gagal mencapai titik puncak. :(

Tracknya sendiri menurut saya cukup menarik, apalagi dari mata saya yang awam ini. Di sekitar danau, entah yang mana di sekian danau yang terdapat di BonBin, terdapat beberapa turunan tajam yang beberapa meter kemudian dihadapkan dengan tanjakan lagi dan dihidangkan lagi dengan turunan dan tanjakan di depan mata. Menantang sekali track ini, begitu fikiran saya sambil membayangkan perlombaan yang berpacu dengan waktu. Mantab. Kemudian kami dihadapkan kembali dengan turunan di pinggir danau, entah danau yang mana, beberapa dari kami turun dengan sukses di turunan tersebut yang berlanjut di jalanan berbata, beberapa sempat jatuh, alhamdulillah tidak parah, dan beberapa juga sukses dengan menuntun sepedanya ke bawah. :D Menurut teman, di perlombaan kemarin sehabis turunan tersebut para peserta lomba harus langsung menghadapi belokan, tidak lurus seperti yang kami lakukan. Wow, bagaimana mereka melakukannya? Di saat turun dengan kecepatan cukup tinggi, mereka mengharuskan men-drift sepeda mereka agar segera belok dan melanjutkan perlombaan. Hebat sekali mereka, sekelibat fikiran saya.

Kemudian sampailah di mana terdapat table top untuk dilalui. Table top sendiri adalah loncatan yang menyerupai sebidang prisma di atas tanah. Sebelum mencapai table top, kami perlu menanjak terlebih dahulu, turun dan kemudian menanjak kembali. Entah kami memotong jalur lomba atau tidak, kami dihadapi dengan turunan sebelum melibas table top tersebut. Beberapa dari kami mendarat dengan sukses, beberapa sempat jatuh, alhamdulillah tidak terjadi sesuatu yang buruk dan beberapa memilih untuk tidak mencicipi table top. :D dan saya sendiri? Saya mengklaim diri saya sendiri hampir “terbang”. :D

Entah ada apa dengan diri saya, ketika teman-teman lain mencoba turunan tersebut dengan tidak menggenjot sepedanya sehingga tidak terjadi lompatan pada table top sedangkan saya dengan bodohnya, tanpa pengetahuan dan pengalaman apa-apa, mencoba menggenjot di turunan tersebut dan saat dihadapkan dengan table top itu, “terbanglah” saya untuk sesaat. Sesaat setelah loncat saya mulai “terbang” di mana, maaf, pantat mulai menjauh dari sadel dan telapak kaki menolak gaya dari pedal. Oo..Oo.. apa yang saya lakukan, sambil sedikit mengumpat karena tidak tahu bakalan seperti ini jadinya. Mencoba tenang, alhamdulillah sepersekian detik kemudian, maaf lagi, pantat saya mendapat kembali dudukannya demikian juga dengan kaki dan alhamdulillah dapat mendarat dengan selamat pula. Sesaat saya merasakan senangnya bisa “terbang” dan takutnya sekaligus, namun tampaknya kali lain saya harus lebih berhati-hati untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan. :)

Menurut teman saya, saya cukup beruntung karena dapat mendarat dengan selamat mengingat katanya bahwa seharusnya pendaratan yang betul diawali dengan roda belakang diikuti roda depan, entah saya melakukan atau tidak, dan kaki posisi yang seharusnya sejajar dengan chain stay, yang jelasnya tidak dilakukan, karena bila tidak dapat saja terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Ditambah dengan opini Om Hendro Purwanto, yang sekaligus menjadi instruktur Bike Clinic, untung juga memakai memakai sepeda full suspension atau mungkin saja saya dapat mental dari sepeda. Fiuhh.. mengingat itu semua saya bersyukur dengan selamat. Saya memang cukup bodoh untuk menggenjot saat turunan tersebut yang nyatanya menambah kecepatan dan dapat menambah tenaga loncatan. Sungguh itu tidak terlintas sama sekali dan tidak juga sedang membuktikan sesuatu. Alhamdulillah sekali lagi dapat mendarat dengan selamat.

Kemudian acara dilanjutkan kembali dengan rally photo di gedung IM2. Sesungguhnya tadinya saya pikir rally photo adalah acara hunting bareng namun tampaknya bukan seperti demikian. :D Saat itu ada salah satu peserta yang cukup antusias dengan membawa kamera DSLRnya. Coba aja acaranya menjadi hunting bareng, bisa-bisa banyak model baru berdatangan.. hehe.. :p BTW, untuk yang kemarin bawa kamera DSLRnya, yang mungkin saja baca blog ini, saya bisa minta foto saya gak ya? :D tetap.. penting.. kekeke.. Barulah tiba acara utamanya, Bike Clinic.

Di Bike Clinic ini kami semua diajari tentang anatomi sepeda, bagaimana cara memasang komponen di dalamnya dan perawatannya. Dapat banyak hal berarti di acara tersebut. Terima kasih kepada Om Sonny Susanto yang sudah bersusah payah mengadakan acara tersebut. Namun sayang rasanya waktu berjalan cukup cepat, tidak terasa jam sudah menunjuk pukul 12.00 padahal ekspresi teman-teman saat itu cukup bersemangat untuk belajar lebih. Mungkin ke depannya akan lebih baik bila satu hari tersebut diadakan dua sesi sehingga acaranya tidak terasa “nanggung”. hehe.. Atau jangan-jangan ini hanya perasaan saya seorang doang ya? :D Bagaimanapun bravo terhadap panitia, instruktur dan para peserta Bike Clinic lainnya.

Oh iya, acara ini terselenggara juga berkat Bike to Work Indonesia.

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

You can use these tags and emoticons: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

Generated in 0.164 seconds.