Another part of notonegoro.net

August 9, 2007

Pendeteksi gempa dini di sekitar Anda

Filed under: Diary @ 5:53 pm

Gempa yang terjadi semalam di pulau Jawa dan sekitarnya yang terjadi di tengah malam itu cukup mengagetkan. Bagi yang sedang terbangun di tengah malam tentunya dapat mengingatkan yang lain agar segera mengevakuasi dirinya masing-masing. Namun bagaimana bila kita semua sedang asyik-asyiknya tidur? Berikut adalah beberapa pendeteksi gempa dini yang dapat Anda gunakan, bahkan salah satunya dapat tersambung ke telefon seluler Anda. ;)

Pertama Anda dapat mengunduh berkas yang terdapat di halaman ini. Perangkat lunak yang dibuat oleh tim Yayasan Air Putih yang kemarin sempat dikait-kaitkan dalam “penemuan” lirik Indonesia Raya tiga stanza ini dapat berjalan di salah satu sistem operasi favorit Anda, bisa di Windows maupun Linux. Perangkat lunak ini terhubung langsung dengan Badan Meteorologi dan Geofisika sehingga dapat memantau kondisi lingkungan secara real-time, sehingganya diperlukan koneksi Internet agar dapat berjalan dengan semestinya. Pastikan port yang digunakan terbuka alias tidak terblokir oleh firewall atau proxy Anda sebelum menggunakan perangkat lunak ini, karena port yang digunakan adalah port yang sama digunakan oleh Yahoo! Messenger. Jadi bila Yahoo! Messenger Anda dapat berjalan dengan baik, berarti perangkat lunak ini pun dapat berjalan. ;) Perbedaan mendasar antara yang berjalan di Windows atau Linux adalah adalah dukungan suara yang diberikan. Saat tulisan ini dibuat, untuk Linux, Anda tidak dapat menggunakan speaker untuk memberi tahu informasi terbaru yang didapat, sedangkan di Windows Anda dapat menyetel suara speaker sekeras-kerasnya sehingga dapat memberitahu melalui sirine atau alarm ketika Anda sekeluarga sedang tidur terlelap.

Yang kedua adalah menggunakan Tsunami Alarm System. Untuk dapat menggunakan layanan gratis berbayar ini, Anda dapat mendaftarkan email atau nomor telefon seluler Anda sehingga ketika terjadi gempa nanti Anda akan diberitahukan langsung baik itu melalui email ataupun SMS. Isi SMS tersebut lebih kurang seperti ini:

Tsunami Alarm! Region: Java, Indonesia. Mag=7.3 Local Time:00:04
Risk: medium. Maybe affected: Indonesia, Australia, Sri Lanka, Malaysia

Selamat menggunakannya! :)

3 Comments »

  1. Using Opera Opera 9.22 on Mac OS Mac OS

    1. aplikasi EWS dari airputih tampaknya gagal melakukan update otomatis. sejak saya nyalakan dan konek, berita terakhir yag ditampilkan bertanggal 6 agustus 2007. saya harus diskonek lalu konek lagi untuk mendapatkan berita terbaru.
    2. tsunami alarm system di atas kok saya tidak menemukan link untuk subscribe gratis-nya ya? adanya yang berbayar semua.

    Comment by ryosaeba — August 10, 2007 @ 9:09 am
    Using Opera Opera 9.22 on Mac OS Mac OS

  2. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.12 on Windows Windows Server 2003

    1. Tanggal terakhir di saya sih tanggal 7 Agustus, ada gempa 5.3 di sekitar Papua. Terus terang saya tidak menggunakan aplikasi ini karena di rumah tidak ada koneksi Internet jadi kurang tahu cara kerjanya, apakah akan terupdate terus-menerus atau sirine hanya akan berbunyi ketika terjadi gempa. Jadi selama ini koneksi saya hanya melalui kantor saja. :( Tapi menurut teman yang menggunakannya, waktu gempa kemarin itu sirine-nya berbunyi, demikian juga informasi nomor 7 di sini.
    2. Ups.. saya khilaf, menyebutkan sesuatu yang berbayar dengan gratis. Maaf sudah mengecewakan dan terima kasih sudah mengingatkan. :)

    Comment by bn — August 10, 2007 @ 11:27 am
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.12 on Windows Windows Server 2003

  3. Using WordPress WordPress MU

    EWS: early warning system

    berawal dari membaca tulisan adinoto mengenai pemimpin airputih, saya melihat komentar IMW tentang aplikasi EWS, early warning system:
    Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan untuk mendistribusikan informasi gempabumi yang berpotensi tsunami hasil analisa…

    Trackback by things left unsaid — August 24, 2007 @ 11:56 am
    Using WordPress WordPress MU

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

You can use these tags and emoticons: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

Generated in 0.069 seconds.