Another part of notonegoro.net

August 8, 2007

Tidak semua helm itu sama

Filed under: Diary @ 9:43 am


Tulisan ini berawal dari kesebalan saya pada beberapa pengendara motor yang kurang mengutamakan keselamatan diri ataupun penumpangnya yang sekadar menggunakan helm secara apa adanya. Maksudnya apa adanya adalah bahwa tidak semua helm itu sama, alias dapat digunakan pada semua kesempatan. Memang bila mengikuti untuk membeli sebuah helm untuk setiap kesempatan tentunya akan berat di ongkos, tapi bukan itu maksud tulisan ini. Memang tidak ada helm yang sempurna untuk melindungi dari cedera kepala. Bahkan pada kecelakaan kecepatan rendah sekalipun dapat menyebabkan cedera serius atau bahkan kematian. Namun dengan penggunaan yang tepat diharapkan dapat mengurangi cedera yang akan didapat dan mudah-mudahan tidak sampai kejadian.

Salah satu penggunaan salah pada helm yang saya lihat yaitu digunakannya helm sepeda di antara beberapa pengguna motor. Tahukah Anda bahwa helm sepeda itu dibuat khusus untuk melindungi pada kecelakaan kecepatan rendah? Itu dikarenakan bahan helm tersebut sebenarnya dapat dikatakan seluruhnya terbuat dari styrofoam. Penggunaan styrofoam ini mungkin cukup familiar, seperti saat hendak membawa pulang bubur yang baru Anda beli atau gelas minum yang digunakan saat makan di fastfood, hanya saja dia lebih tebal untuk melindungi kepala. Tidak heran pula karena itu pula beratnya sangat ringan, mungkin tidak lebih dari 400 gram. Memang terlihat pada permukaannya licin dan mengkilat namun itupun dikarenakan adanya plastik yang tipis sekali yang digunakan untuk menghiasi helm tersebut dengan cat-cat indah, selebihnya adalah styrofoam. Karena itu penggunaannya sangat ringkih dan bahkan dapat langsung patah pada beberapa kecelakaan. Beberapa teman cerita mengenai helm sepeda ini bahwa helm yang digunakannya langsung patah ketika dia jatuh saat menggenjot sepedanya, yang tentunya kecepatannya tidak akan sama dengan motor. Tentunya dapat dibayangkan bukan apa yang akan terjadi ketika helm tersebut dipakai pada kecepatan tinggi? Maka dari itu alangkah baiknya bila tidak menggunakan helm sepeda ini saat mengendarai motor.

Ada beberapa jenis helm lainnya, seperti helm yang digunakan untuk olahraga extreme, seperti skateboard. Helm ini juga sama terbuat dari styrofoam namun dilindungi dengan cangkang plastik yang lebih tebal di permukaan luarnya yang terpisah dari permukaan dalamnya (styrofoam). Atau helm yang digunakan oleh para pekerja bangunan atau tambang yang terbuat dari plastik namun kokoh. Penggunaan helm jenis ini pun tidak cocok untuk digunakan pengendara motor karena tidak adanya pengikat di sekitar kepala agar helm tidak jatuh duluan sebelum kitanya yang terjatuh ataupun terbang tertiup angin yang dapat membahayakan pengendara lain di belakang Anda. Helm untuk motor pun ada beberapa jenisnya, baik yang full-face, half-face, atau ada juga helm yang dikenal dengan istilah cetok. Kalau menurut Bapak penjual helm sih, helm cetok ini “yah.. Polisi doang mah lewat”. hehe.. :D

Karena itulah tidak semua helm dapat digunakan pada semua kesempatan, bukankah keselamatan diri yang lebih penting? Kalau kata teman, ingat suami, istri, anak atau keluarga yang menanti di rumah. ;)

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

You can use these tags and emoticons: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

Generated in 0.103 seconds.