Another part of notonegoro.net

May 9, 2008

Anodized, dan bukan cat

Filed under: Sport @ 1:42 pm

Tadinya difikir-fikir anodized itu adalah cat, setidaknya termasuk ke dalam salah satu jenis warna cat. Tapi setelah baca-baca ini ternyata anodized itu bukanlah cat. Anodized adalah proses pemasifan yang dilakukan secara elektrolit pada logam sehingga tingkat resistensi korosi logam tersebut akan mengalami peningkatan karena tingkat ketidakmurnian logam juga berkurang sehingga tidak mudah karatan dan juga menambah tingkat kepemakaiannya menjadi lebih kuat karena penambahan ketebalan pada permukaannya, selain itu tingkat adhesi untuk pewarnaannya juga lebih baik, tidak dapat di-kletek dibandingkan dengan pengecatan biasa. Logam-logam yang dapat diaplikasikan pada umumnya adalah aluminium tapi dapat juga diaplikasikan ke titanium, zinc, magnesium dan niobium. Namun proses ini tidak cocok untuk diterapkan di besi ataupun carbon steel karena dapat berakibat pengelupasan kulit pada permukaan yang ujungnya dapat terjadi karat.

Aluminium yang dapat dianodized khususnya adalah yang berseri 2000, 4000 dan 6000. Contoh aluminium beranodized dapat ditemukan mulai dari carabiner yang biasa dipakai pemanjat gunung, pemutar MP3, peralatan memasak, kamera hingga bagian dari pesawat. Frame sepeda juga termasuk yang dapat dianodized karena hampir semua pembuat frame sepeda menggunakan aluminium, selain besi dan carbon, sebagai bahan dasarnya. Aluminium yang sering digunakan untuk frame sepeda antara lain adalah seri 6061 dan 7005, sayangnya seri terakhir yang disebut itu tidak dapat dianodized. Ini juga merupakan contoh salah satu teknologi yang diterapkan pada frame sepeda dan dapat mempengaruhi harganya juga.. hehe.. :D Jadi sebuah sepeda terkadang bukanlah hanya sebuah frame, roda, rantai dan pedal terus tinggal gowes, tetapi ada juga pengaplikasian teknologi dibalik itu semua.

Mau dong frame sepeda yang ber-anodized?!? ;))

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

You can use these tags and emoticons: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

Generated in 0.063 seconds.