Another part of notonegoro.net

June 17, 2006

Esia gila!

Filed under: Diary @ 10:57 am

Mungkin hampir beragam jenis advertisement sudah pernah Anda lihat. Tapi pernahkah Anda melihat apa yang dilakukan Esia untuk mempromosikan produknya? Saya dapat bilang cukup gila melihat cara mereka mempromosikannya. Saat kali pertama diluncurkan, saya ingat betul dengan iklan yang penuh teka-teki memenuhi satu halaman penuh harian Kompas. Iklan itu menantang Anda untuk menebak produk apa yang akan dikeluarkan oleh Bakrie Telecom ini? Petunjuknya waktu itu adalah lebih kurang “apakah nama produk ini yang mirip dengan salah satu nama benua di dunia?”.

Kemudian dilanjutkan dengan beberapa iklan lain, mulai dari yang mempromosikan terima uang dalam bentuk pulsa saat terima telefon ataupun program talktime-nya. Namun yang membuatnya lebih gila* adalah banyaknya iklan yang dicetak hanya dalam sebuah harian Kompas. Bila Anda berlangganan Kompas, cobalah Anda longok kembali Kompas hari Jumat tanggal 16 Juni 2006. Bisakah Anda tebak banyak iklan yang mempromosikan Esia? Satu? Bukan! Ayolah Anda pasti bisa berusaha lebih baik lagi.. hehe.. Tepatnya terdapat 18 iklan, ya tepat “delapan belas”.. hehe.. Banyak sekali bukan iklannya? Iklan tersebut ada mulai dari yang berukuran kecil hingga seperempat halaman Kompas itu sendiri.

Terdapat 5 eksemplar pada Kompas Jumat itu, pada eksemplar pertama yang dimulai dari halaman satu hingga 16 terdapat sebanyak 9 iklan yang terdapat pada halaman 2, 4, 5, 7, 8, 10, 11, 13, dan 14. Itu berarti iklan tersebut terdapat di lebih dari setengah total eksemplar pertama sendiri. ckck.. Kemudian pada eksemplar kedua, terdapat 6 iklan yang menghiasi dari total halaman eksemplar kedua yang sebanyak 16 halaman.

Karena Piala Dunia sedang berlangsung di belahan bumi lainnya, tidak terdapat iklan Esia pada eksemplar ketiga dan keempat yang membahas tentang berita seputar Piala Dunia dan Klasika. untuk eksemplar terakhir yang dimulai dari halaman 41 hingga halaman 48 terdapat tiga iklan saja yang esar-besar.

Semua iklan tersebut membicarakan tentang biaya komunikasi yang murah, sekitar Rp 1000 per jam kalau tidak salah, talktime dan juga sejumlah uang yang Anda terima ketika menerima telefon dari teman Anda. Namun yang membuatnya cukup menarik buat saya adalah iklan yang dicetak sehari sebelumnya pada harian yang sama yang menurut Esia sumber tarif telefon diperoleh dari berbagai negara dan Republik Indonesia tercinta kita ini. Perbandingannya pun unik, mulai dari Pendapat per kapita (GDP) yang lebih besar dari Indonesia ataupun dari jumlah penduduknya. Tapi ini tentunya dengan intrik dari sang pembuat iklan. ;) Isinya lebih kurang yang menyatakan prihatin dengan tarif telekomunikasi di RI. Mudah-mudahan keprihatinan itu tetap dapat dipertahankan. Jangan karena nantinya sudah besar, lalu jadi kaca lupa kulit. Berikut adalah perbandingan tarif telefon yang terdapat di iklan tersebut:

Tarif (Per menit) India Korea Selatan (1) Singapura (2) Thailand (3) Amerika (4) Indonesia
Lokal Ponsel ke rumah Rp 205 - - - - Rp 700
Interlokal Ponsel ke rumah Rp 205 - - - - Rp 3200
Interlokal ponsel ke ponsel - Rp 1260 - Rp 1920 - Rp 4000
Telefon ke luar negeri (5) - - Rp 2000 - - Rp 8000
Ponsel ke seluruh kota - - - - Rp 225 dapat sampai Rp 4500

(1) (12x GDP dari RI)
(2) (21x GDP dari RI)
(3) (2x lipat jumlah penduduk dari RI)
(4) (35x GDP dari RI)
(5) (Dengan tujuan yang sama)

Sedih membacanya, walaupun sempat tertawa di dalam hati karena iklan tersebut menurut saya bisa “menyentil” jasa penyedia telekomunikasi lainnya (Eh, ada kan yang lainnya kan? atau saya salah?). hehe..

Terima kasih Esia yang sudah memberikan tarif yang murah, walaupun saya tidak (belum?) menggunakan produk tersebut. Mungkin bila Esia tetap seperti ini, perusahaan telekomunikasi juga dapat melakukan terobosan berani dengan memurahkan biaya komunikasi. Tapi selain itu, rasanya yang kita butuhkan juga adalah bandwidth Internet yang murah juga! Karena saya yang termasuk salah satu fakir bandwidth juga. hiks..

*gila menurut saya untuk penulisan ini adalah dalam hal melakukan promosi dan itu adalah hal yang bagus tanpa bermaksud untuk mengarahkannya ke sesuatu yang jelek dan sebagainya.

4 Comments »

  1. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5 on Windows Windows XP

    cieeh yang ganti esia :P

    Comment by aldi — June 17, 2006 @ 11:51 am
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5 on Windows Windows XP

  2. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.0.7 on Windows Windows XP

    Tidak ganti koq.
    Eh, belum deng, siapa tahu?!? :P

    Comment by bn — June 17, 2006 @ 3:49 pm
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.0.7 on Windows Windows XP

  3. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.0.6 on Windows Windows XP

    oohh… Esia…
    Sendainya kamu ada dimana-mana… :d

    Comment by aDeN — June 18, 2006 @ 9:30 am
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.0.6 on Windows Windows XP

  4. Using Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

    Sy prnh dibikin ANEH++BINUN+MARAH oleh ESIA!

    Bgini ceritanya:
    Sblmnya sy pke Flexy+Fren (tp ga prnh ada mslh), tp krn bnyk teman+relasi pke Esia akhirnya sy ‘TERPAKSA’ beli perdana Esia tgl 3 Okt 2006, lalu tgl 4 sy registrasi via 4444 (bicara dgn operator) stlh 3x gagal registrasi via SMS! -ANEH #1!
    (krn org baru) sy ikut fasilitas ENONSTOP1 utk 1 hr (mo nyoba dulu) tgl 6 Okt.
    1 menit stlh sy daftar ENONSTOP1, sy dpt SMS dr 555, bahwa saldo TALKTIME sy jd 0 & MASA AKTIF s/d 6 Okt?! -ANEH #2!
    Lalu sy buru2 cek Saldo TALKTIME via SMS ke 555, ternyata pulsa sy yg awalnya msh 8.835 jd tersisa 8.285(kok cm terpotong 550, hrsnya 8.085, krn terpotong 750) tapi MASA AKTIF s/d 3 NOV (30 hr). -itu ANEH #3!
    Awalnya sy anggep mungkin error biasa!
    lalu 1 menit kemudian dpt SMS dr 888 bhw SMS Non-Stop sdh aktif utk 1 hr.
    Krn saat ENONSTOP habis, Esia sy ga dlm hidup, tgl 8 tngh mlm sy hidupkan HP & lsg dpt SMS dr 888 bhw layanan ENONSTOP sdh dinonaktifkan, yg ternyata Esia sy jg JD TDK AKTIF (Ga bs keluar+masuk,termasuk SMS!!) -ANEH #4!
    Lalu sy cek TALKTIME ke 555, malah dpt reply:
    “MAAF, NOMOR ANDA TIDAK TERDAFTAR SBAGAI PELANGGAN PRABAYAR ESIA.” -ANEH #5!
    stlh bersusah payah, bahkan line CS yg ngurusi selain prabayar GA MAU MELAYANI! -ANEH #6!)
    Sy berhasil hub CS Esia tgl 9, dijwb bhw sy sdh ter-REGISTRASI, tapi akan diperiksa dulu & minta waktu 3 hr! -ANEH #7!
    Tgl 12 sy coba hidupkan Esia, ternyata msh ga bs Keluar, ternyata stlh cek saldo TALKTIME via 555 jd 0, pdhl saldo yg harusnya msh tersisa 8.010, krn pernah sy pke utk SMS ke GSM (8.285-275) & MASA AKTIF s/d tgl 9 Okt! -ANEH #8!
    Tapi klo sy cek saldo via *999 kok MALAH Saldo sy tercatat jd 8.835! berarti bertambah 825! -ANEH #9! (andai saja bertambah 825RIBU! Hiks!)
    Tapi (stlh bersusah payah) CS bilang pulsa BETUL tercatat 8.835, tapi MASA AKTIF sdh HABIS 9 Okt! -ANEH #10!
    CS Esia TDK BS menjelaskan apa alasan kmrn 3 hr Esia sy NON AKTIF & tdk mau memberi tahu kapan sy pertama kali sy aktifkan Perdana Esia sy! -ANEH #11!
    Malah dijwb bhw bs aja Perdana yg sy beli adlh produksi lama?! -ANEH #12!
    Sy HANYA disuruh isi ulang pulsa sy! -ini NORMAL buat yg Masa Aktif sdh hbs dgn NORMAL!
    tapi kok Perdana Esi sy CM BERUMUR 6 HARI?! -ANEH #13!
    Mau MARAH ga seh?!!
    Terpaksa sy ikuti, beli voucher!
    Krn SEMATA2 sayang nomernya yg cukup cantik (utk ukuran sy) & sy beli dgn harga diatas rata2! Juga krn sdh sy sebarluaskan ke tmn2+Relasi! ITU AJA!
    DAPATKAH SY MENDAPAT TANGGAPAN DR ESIA???
    HOPLESS SEH!!

    MAAF, klo ceritanya sangat panjang…
    SMOGA BS JD KOREKSI!

    Comment by SuKaMoTo — October 25, 2006 @ 7:03 am
    Using Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

You can use these tags and emoticons: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

Generated in 0.073 seconds.