Another part of notonegoro.net

August 16, 2007

Microsoft Project viewer gratisan

Filed under: Non-FOSS @ 4:56 pm

Seorang teman baru saja memberi saya sebuah file Microsoft Project (.mpp), tadinya berfikiran untuk tidak membuka file itu. :D Selain karena tidak ada perangkat lunak Microsoft Project tersebut, saya juga malas untuk menginstall bilapun perangkat lunak tersebut tersedia. Namun apa daya ternyata file tersebut perlu dibuka. hiks. Main iseng buka google saja, dan sama isengnya ketika ketik “microsoft project viewer” ternyata dapat beberapa perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuka file .mpp tersebut. Namanya juga viewer, tentunya tidak dapat melakukan apa-apa, selain membukanya saja, tapi setidaknya cukuplah buat saya. :) Berikut adalah beberapa di antaranya.

Projette adalah nama perangkat lunak yang dibuat oleh HighlyDeveloped.Net ini. Versi 3.0.0.0 yang digunakan berukuran cukup kecil untuk diunduh, sekitar 748 KB saja yang akan memakan waktu kurang dari 5 menit bila mengunduhnya menggunakan koneksi dial-up. Namun sebelumnya perlu menginstall .Net Framework 2.0 sebelum dapat menggunakan perangkat lunak ini, sayangnya yang ini berukuran besar, lebih dari 20 MB. :( Bila semua sudah siap, tinggal di-install dan siap membuka file MPP Anda. ;) Kekurangan perangkat lunak ini adalah Anda tidak dapat melakukan fungsi pencetakan sebelum perangkat lunak ini didaftarkan, tapi cukuplah buat saya. ;)

Perangkat lunak berikut belum pernah saya coba sebelumnya, karena saya sudah cukup puas dengan Projette dan selain itu karena perangkat lunak ini cukup repot dalam penggunaannya. Perangkat lunak ini tidak mengizinkan Anda secara langsung untuk membuka file MPP, melainkan harus mengonversinya terlebih dahulu ke file berformat .ppr, yang berarti Project Planner Reader buatan mereka. Pertama Anda perlu mengunduh file MPP2PPR Converter yang akan mengonversi file MPP ke PPR, kemudian untuk membuka file PPR tersebut dapat mengunduh Project Planner Reader dan kemudian menginstallnya. Untuk mengunduhnya dapat klik di sini. Menurut website mereka, untuk menjaga keamanaan file PPR Anda dapat diproteksi dengan password.

Itulah Microsoft Project viewer gratisan yang dapat digunakan untuk membuka file MPP, daripada harus membayar baik yang lisensi asli ataupun Mangga Dua, tentunya untuk yang ini tergantung kantong dan hati Anda juga. ;)

Update: Tadinya saya fikir Projette hanya men-disable fungsi printnya saja untuk versi yang gratisan, namun dicoba hampir dua bulan kemudian perangkat lunak ini mengharuskan pendaftaran untuk menggunakannya kembali.. alias bayar.. hiks.. btw, saya coba cek websitenya lagi ternyata tulisan tentang disable print-nya sudah tidak ada lagi. Ya sudahlah.. ternyata Project Planner juga bagus koq.. hehe.. :)

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

You can use these tags and emoticons: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

Generated in 0.062 seconds.