Another part of notonegoro.net

March 12, 2006

Anyer, 10 Maret

Filed under: Diary @ 10:54 am

Hehe.. itu adalah salah satu judul lagu yang sempat dipopularkan oleh grup band Slank, tapi tulisan ini bukan untuk menceritakan lagu tersebut. :) Anyer, itu adalah tempat saya bermalam dua hari terakhir ini sedangkan 10 Maret adalah tanggal ulang tahun saya dan (seharusnya) menjadi tanggal posting tulisan ini. Tapi karena saya tidak bisa mempostingnya pada tanggal tersebut, jadilah saya beri judul lagu Slank tersebut sebagai judul tulisan ini, dengan segala ketidaksambungannya..hehe.. :p

Sebenarnya selain saya yang berulang tahun pada tanggal tersebut, ada lagi ulang tahun yang lain. Ulang tahun tersebut adalah ulang tahun notonegoro.net yang sengaja saya beli pada tanggal yang sama dengan kelahiran saya ke dunia ini, walau beda tahun.. hehe.. :P Jadi selamat ulang tahun pada saya dan domain ini. <:-P

Sesudah berkutat dengan subdomain yang gratisan, yang mana gratisan adalah norak! Saya memutuskan untuk mempunyai domain sendiri beserta dengan hostingannya juga yang notabenenya tentu berbayar, jadi 68% saya dapat dikatakan tidak norak lagi. hehe.. :P

Sebelum membeli domain ini, saya berpikir enakan beli tanggal berapa ya? Akhirnya mencapai keputusan bahwa saya akan beli domain ini sesuai dengan tanggal lahir saya. Ya, saya niat sekali untuk membeli domain ini pada tanggal tersebut. Bahkan saking niatnya saya sampai email berkali-kali ke calon registrar domain ini nantinya hanya untuk memastikan apakah saya bisa melakukan ini dan dengan tangan saya sendiri. Setelah kontak email berkali-kali, saya memutuskan untuk menggunakan jasa dari Medannic. Jadilah saya beli pada tanggal yang sama dengan ulang tahun saya. Hehe.. sebelum beli pun ini saya melakukan survey perbedaan tanggal antara jam dan tanggal antara Jakarta dengan server DNS yang akan mendaftarkan ini ke dalamnya. Niat banget ya? :D

Untuk pembayaran domain ini kepada registrar, tapi kan tidak ada salahnya memudahkan customer? bukankah customer suka yang mudah-mudah? Tapi “biaya yang lain” itu tidak hanya itu saja, ternyata untuk melakukan pembuktian bahwa kita sudah menyetorkan uang kita, kita harus mem-faks-kan bukti setoran kepada mereka. Dan Anda benar, another cost hit me! Masih untung bila faks ke dalam kota, bisa sedikit lebih murah tapi ini nge-faks keluar kota? huh! Tapi saya melihat ada perbaikan di sisi ini, karena saat saya melakukan perpanjangan domain saya tidak melihat adanya syarat harus mem-faks-kan bukti setoran kepada mereka lagi, cukup dengan mengkonfirmasi pada website yang telah disediakan oleh mereka. Hore.. A great step from them! Namun tidak seperti transaksi pembayaran lainnya, biasanya kita setiap melakukan pembayaran di kasir kita mendapatkan bukti pembayaran bukan? Tapi tidak dengan mereka, walau kita sudah mengkonfirmasikan pembayaran kita, mereka tidak memberikan “bukti pembayaran” bahwa pembayaran sudah diterima dan diproses. Duh! Apa susahnya sih mengirim “bukti pembayaran” doang? Apa kita harus menunggu kepastian sampai berjamuran hanya untuk memikirkan apakah pembayaran saya sudah diterima atau belum? Atau memang seperti ini budaya pembayaran di mana-mana? I (as a customer) hate waiting such thing like this! Akhirnya saya kirimi mereka email, baru saya mendapatkan HAK seorang customer, yaitu sebuah “bukti pembayaran”. Saya memang tidak tahu dengan prosedur kerja mereka, tapi saya yakin mereka online setiap saat dan seharusnya setelah mendapatkan konfirmasi pembayaran di saat itu pula mereka harus mengecek lalu memberikan tahu ke pelanggan tentang status pembayarannya. Customers hate waiting! Disappointed though but overall I satistied with them, that’s why I still use their services.

Lalu untuk hosting, setelah berkutat dengan banyak control panel web, saya memutuskan untuk menggunakan jasa Indoglobal. Ini menjadi concern saya karena saya butuh yang control panel yang simpel, mudah namun tetap powerfull, ditambah tidak adanya port-port aneh yang biasa digunakan oleh control panel web lainnya yang digunakan untuk mengaksesnya yang terkadang di-blok oleh sang administrator tempat di mana saja saya mengaksesnya, jadi minimal kemungkinan saya mengalami pemblokan port-port aneh yang diset oleh layanan Internet yang digunakan. Hiks, tapi sayang harganya masih mahal dibandingkan dengan web hosting yang lain. Tapi saya memang membutuhkan control panel seperti itu. Manual yang diberikan pun menakjubkan! Manual-manual tersebut cukup merepresantasikan cara penggunaan control panel web mereka. Tapi sayang itu tidak dibarengi dengan support yang paten pula. Mereka rupanya hanya melayani support hanya 1 x 24 jam, yang berarti satu email balasan dari mereka ke saya. Hehe.. tadinya saya pikir 1 x 24 jam adalah online dan siap memberikan support setiap saat. Jadi was-was sekarang saya setiap membaca tulisan 1 x 24 jam. Entah dengan prosedur mereka, tapi tampaknya bagi mereka 1 x 24 jam adalah satu email balasan dari mereka ke saya (customer). Tapi kiat yang menarik untuk menangkap kesetiaan pelanggan, mereka rajin kirim email tentang hari libur dan tagihan invoice doang! Tapi tanpa support yang tanggap, begitu yang saya rasakan.

Sebelum melakukan kepastian akan hosting di Indoglobal, saya sempatkan diri untuk membaca semua isi webnya. Aneh tapi nyata, ternyata isi fitur yang ditawarkan dengan halaman ini berbeda. Di satu sisi mereka bilang menyediakan fasilitas SMTP, tapi di sisi lain tidak. Lah koq? Saya coba konfirmasi ke mereka dan mereka bilang bahwa halaman tersebut salah dan akan diperbaiki. Saya tulis email itu lebih dari setahun yang lalu dan saya masih memiliki emailnya, namun sampai tulisan ini dibuat (12 Maret 2006) saya masih mendapatkan halaman yang salah tersebut. Seperti biasa, you customers are nothing, and we just do sell mouth! Selain itu, sama dengan kasus pembayaran pada Medannic, saya tidak mendapatkan “bukti pembayaran” yang seharusnya customer dapatkan setelah melakukan pembayaran dan konfirmasi ke mereka. Saya harus kirim email ke mereka dahulu, baru mendapatkannya. Sekali lagi, saya tidak tahu dengan prosedur kerja mereka, tapi yang pasti saya (customers) hate waiting just to see whether the payment was succesfull or not. Jika gagal, Anda sebagai penyedia jasa PASTI kirim email dan akan melakukan pemutusan hubungan jika tidak dibayar, tapi jika pembayaran berhasil Anda akan diam saja. Yeah, who’s the king here? Tapi saya salut dengan bank-bank yang mereka sediakan untuk melakukan pembayaran, hampir semua bank besar mereka dukung.

Tapi saya tetap stick di Indoglobal karena control panel web-nya. Pertanyaannya kapan dengan harga tetap tapi dengan kapasitas lebih besar? hehe.. :D Oh, ngomong-ngomong tentang control panel web-nya mereka, mereka sempat berjanji pada saya bahwa mereka akan memperbaiki control panel web-nya karena suatu “fitur” yang saya temukan tidak berjalan dengan semestinya. Yah kita lihat saja apakah mereka keep selling mouth?

Ya itulah pengalaman saya selama satu tahun mengurusi domain ini. Tapi karena saya baca di disclaimer bahwa Indoglobal berhak memutuskan hubungan dengan alasan apapun, saya akui saya takut dengan pemutusan hubungan tersebut. Namun sebelumnya saya sudah mencoba memberi saran by email, bila cara ini salah, namun seperti biasa di mana seorang customer dianggap TIDAK pernah ada ya saran-saran tersebut dimentahkan begitu saja. Maka jadilah tulisan ini. Saya melakukan ini sesungguhnya buat mereka juga (dan mungkin perusahaan-perusahaan lainnya), customer puas maka promosi tentang produk Anda pun terjamin lancar dan bagus! (Setidaknya dari promosi mulut ke mulut). Percaya deh. Jadi bila Anda melihat ada sesuatu yang salah dengan website saya, jangankan salahkan saya karena sesungguhnya saya sudah mencoba menjalankan kewajiban saya sebagai customer. ;)

NB: Saya tidak mendapatkan apa-apa untuk menulis ini, tapi bila ingin memberikan kado pada saya, karena saya ulang tahun dan memberikan saran dan kritik yang (mungkin?) bagus, tetap dipersilakan. :D

Selamat ulang tahun saya dan domain ini. <:-P

Update: Ternyata Indoglobal mengirimkan konfirmasi pembayarannya tapi cukup lama untuk mengeluarkannya. Saya bayar tanggal 2 Maret 2006, tapi baru dapat konfirmasi pembayaran tanggal 7 Maret 2006. Cukup lama hanya untuk konfirmasi pembayaran saja padahal pada hari yang sama saya kirim email ke bagian billing mereka untuk konfirmasi dan mereka bilang sudah diterima. Padahal kalau konfirmasi pembayaran dapat dilakukan pada same-day-payment will be great. Too bad, but hope they can fix it.

3 Comments »

  1. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.1 on Windows Windows 2000

    Untuk urusan domain saya lebih dipermudah :d Domain saya daptarin di idwebhost dan disuruh bayar sejumlah uang yg unik utk menandai pembayaran saya dan ternyata memang secara otomatis mereka mengenali pembayaran dan langsung memproses pendaptaran domain tanpa saya harus mengkonfirmasikan pembayaran saya terlebih dahulu. Begitu juga saat perpanjangan, saya juga nggak perlu melakukan konfirmasi apapun.

    Untuk hosting, saya juga memakai idwebhost dan berencana pindah. Bbrp kali saya kirim imel ttg saran maupun pertanyaan dan bbrp kali mendapat jawaban yg nggak memuaskan, bahkan yg nggak dijawab juga banyak :( Mereka ada juga yg online 24jam jadi bisa dihubungi via YM tapi sama aja, jawabannya nggak banyak membantu.

    Oh iya, met ulang taon yaaa \:d/

    Comment by gani — March 12, 2006 @ 5:29 pm
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.1 on Windows Windows 2000

  2. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.1 on Windows Windows XP

    hepi bdaeee yah… *telat* :D
    MAKAN MAKANâ„¢!

    Comment by lea — March 17, 2006 @ 2:38 pm
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.1 on Windows Windows XP

  3. Using Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

    he he he :)>-
    peace & always gW suka banget ma kaka Slank tuh
    dia idola Gw selain BAng Iwan Fals

    Slankker’z & Oi bersatulah

    bersatu untuk maju
    mari kita junjung kedamaian :x:)>-:)>-=d>(*)

    Comment by aloe — July 24, 2006 @ 7:15 pm
    Using Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

You can use these tags and emoticons: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

Generated in 0.098 seconds.