Another part of notonegoro.net

July 25, 2006

Gempa dan beberapa tips

Filed under: Diary @ 7:17 pm

Tidak perlu menyesal tinggal di negeri rawan bencana begitulah yang coba disampaikan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Republik Indonesia. Disebutkan juga bahwa Indonesia terletak di antara tiga lempengan benua, yaitu Asia, Amerika, dan Australia, yang secara geologis rawan dengan gempa tektonis dan gelombang tsunami serta banyak terdapat gunung berapi yang masih aktif sehingga semakin rawan dengan bencana letusan gunung berapi.

Selain dari persiapan pemerintah terhadap peralatan peringatan dini akan bencana, tentunya persiapan kita sebagai rakyat juga harus diajari apa yang harus dilakukan sebagai antisipasi awal bila terjadi suatu bencana. Jadi dengan ini diharapkan korban bencana akan berkurang bila bencana tersebut terjadi. Peralatan peringatan dini akan bencana memang penting, namun yang lebih penting lagi adalah metode penyampaian agar informasi penting tersebut sampai ke rakyat atau dengan kata lain adalah alat-alat tersebut berjalan dan aktif.

Well, saya tidak ada apa-apanya di pemerintahan, tapi setidaknya dengan alat deteksi tersebut korban dapat berkurang bila bencana memang terjadi. Nah, berita buruknya adalah ada orang iseng yang mencoba memanfaatkan suasana ini untuk mengambil keuntungannya sendiri. Namun dari hal itu, rasanya bisa diambil pelajaran apabila gempa benar-benar terjadi. Berikut adalah beberapa hal yang saya yang komunikasikan ke orang tua, teman dan gebetan tentunya bila terjadi gempa. :P

1. Hal terbaik mungkin bisa diinformasikan kepada keluarga terdekat bahwa bencana bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Dari sini kita bisa membuat semacam skenario apabila memang terjadi. Bila terjadi kebakaran, misalnya, keluarga dikumpulkan di satu tempat, siapa yang harus ditelefon kali pertama, bisa Pemadam Kebakaran, Rumah Sakit, atau saudara Anda.

2. Jika Anda di dalam ruangan, tetaplah di ruangan tersebut. Jangan sampai ketika Anda evakuasi, malah lemari menimpa Anda. :)

3. Berlindunglah di bawah meja yang solid. Dan saat berlindung, jauhkan diri Anda dari kabinet, lemari buku, atau benda-benda yang mungkin menimpa Anda.

4. Jika Anda di luar ruangan, jauhilah diri Anda dari gedung-gedung, pohon-pohon atau tiang listrik yang mungkin bisa menimpa Anda. Hal yang sama dapat Anda lakukan juga ketika berada di dalam mobil dan menepi, jangan mengebut nanti malah nabrak orang. :) Bila Anda hidup di tepi laut, waspadalah terhadap terjadinya tsunami.

5. Bila sudah selesai, pastikan tetap tenang dan periksalah diri dan sekitar Anda baik-baik saja. Bila terdapat yang luka, Anda sudah tahu siapa yang harus Anda hubungi, kembali ke nomor satu untuk itu. ;)

6. Tetaplah waspada dan mencari informasi karena mungkin saja dapat terjadi susulan.

Memang sedih bila bencana terjadi, tapi lebih baik bila kita dapat mengantisipasinya lebih awal, mulai dari pemerintah dan diri sendiri. Di atas hanyalah beberapa tips yang saya dapatkan dari beberapa sumber, dan itu juga yang saya informasikan ke lingkungan terdekat, dan sekali lagi, gebetan saya termasuk salah satunya. :P

4 Comments »

  1. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.4 on Windows Windows XP

    wah mas, nomor 1, 2, 3 susah dijalanin bareng :P
    susah juga nyari meja yang bisa nampung satu keluarga …
    dan kalo ngga ada meja, berarti harus keluar dari ruangan dongs :D

    Comment by aldi — July 27, 2006 @ 3:15 am
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.4 on Windows Windows XP

  2. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.4 on Windows Windows Server 2003

    Hihi.. nomor 1, 2, 3, 4, 5 di atas bukan urutan loh.. hehe.. btw, terima kasih. :)

    Emang susah sih nyari meja buat satu keluarga, walaupun mungkin saja pas kejadian saat kumpul dengan satu keluarga. ;)

    Kalau memang tidak ada meja, Anda dapat berlindung menempel tembok dalam, katanya lebih aman yang di pojokan. :)

    Comment by bn — July 27, 2006 @ 3:42 pm
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.4 on Windows Windows Server 2003

  3. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.1 on Windows Windows XP

    hihihi ngomong2 gebetan, jadi ga tuh nge date ntn orkestra?:-"

    nonton konser yg romantis kyk glenn ato audi aja:x

    Comment by spedaman — July 27, 2006 @ 4:37 pm
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.1 on Windows Windows XP

  4. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.6 on Windows Windows Server 2003

    Hihihi.. :D
    Gak jadi.. :(( badan lagi kurang enak badan dan ada janji lain.. :(

    Comment by bn — August 22, 2006 @ 8:38 am
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.6 on Windows Windows Server 2003

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

You can use these tags and emoticons: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

Generated in 0.273 seconds.