Another part of notonegoro.net

April 23, 2007

Padanan kata

Filed under: FOSS @ 12:54 pm

Beberapa bulan ini saya sedang mencoba menerjemahkan sebuah perangkat lunak ke dalam Bahasa Indonesia, ternyata gampang-gampang susah ya? :D

Berikut adalah beberapa padanan yang saya coba terjemahkan sendiri dari apa yang sudah ada di sini atau sini. Entah salah atau benar karena ini inisiatif tersendiri, tanpa menggunakan Kamus teBal Besar Bahasa Indonesia (KBBI) atau tempat lainnya sebagai landasannya. Mudah-mudahan gak salah-salah amat lah. Tapi bila ada saran atau kritik, dipersilakan loh, walaupun saya bukan orang yang tepat untuk ditanyai tentang ini. :)

apply = terapkan
built-in = bawaan
keystrokes = usapan kunci
mask = pelindung
overwrite = timpa tulisan
overview = tilik umum
parent = induk
script = manuskrip
synchronization = selarasi
supplement = pelengkap
skip = lewatkan
shortcut = tombol pintas

Namun ke depannya dalam proses penerjemahan ini ternyata mengalami kebimbangan, sayanya. Di Windows XP berbahasa Indonesia, terdapat perbedaan padanan yang digunakan oleh ini atau itu. Beberapa di antaranya adalah, kalau tidak salah:

bug – celah
cache (memory) – memori sementara
password – kata sandi
port – colokan, lubang
toolbar – baris peralatan
wizard – wisaya
drive – kandar

Jadi terdapat dua versi padanan, namun akhirnya saya lebih menggunakan yang telah ada di sini atau sini. Walaupun demikian, dari sisi pengguna tentunya akan mengalami kesulitan ketika menemui dua padanan ini dalam sistem operasi/perangkat lunak yang digunakan. Alangkah baiknya bila hanya satu padanan saja yang digunakan sehingga pengguna makin merasa Indonesia.

Kalau mengutip kata teman, “Apaan tuh kandar? tapi lucu juga ya kalo penggerak, mendingan drive aja deh” hehe.. :D

3 Comments »

  1. Using Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

    sebenernya padanan kata itu ada berapa ya klo dalam translation? trus banyak macamnya g?thx………getoo doank kok.

    Comment by widy — January 6, 2008 @ 2:45 pm
    Using Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

  2. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.12 on Windows Windows Server 2003

    waduh.. mudah-mudahan saya gak salah jawab dan tangkap.. :)

    jadi di dunia komputer indonesia terdapat orang-orang yang peduli dengan translasi ini.. makanya hadirlah link ini.. di situ kita dapat melihat beberapa padanan yang dapat digunakan di dunia komputer.. lalu kemudian terdapat windows berbahasa indonesia.. yang mana beberapa padanannya berbeda dengan yang telah dibuat sama orang-orang yang saya bilang tadi.. nah dari situ terdapat beberapa kekecewaan tentang padanan yang berbeda itu.. nah itulah yang saya maksud dengan dua versi di tulisan di atas.. dan memang, menurut hemat saya, sebaiknya hanya terdapat satu padanan saja sehingga para pengguna komputer tidak dibingungkan oleh padanan-padanan yang ada alih-alih mereka tetap menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantarnya, walaupun itu gak salah juga sih.. hehe.. :)

    Comment by bn — January 8, 2008 @ 1:37 pm
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 1.5.0.12 on Windows Windows Server 2003

  3. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.0.3 on Gentoo Linux Gentoo Linux

    kl nulis di blog sih mendingan pake keduanya ya..sosialisasi sekaligus spy ngga ngebingungin pengguna..dan bs untuk seo ktnya.. :)

    masi bingung jg antara update dan upgrade (spt cerita mas willy sudiarto pas nerjemahin slackbook)

    kadang mending Bahasa Indonesia mengadopsi (atau apapun istilahnya) bbrp bahasa asing yg sudah terbiasa digunakan dan padanannya tdk bs dipaksakan..

    Comment by dani — October 1, 2008 @ 11:48 am
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.0.3 on Gentoo Linux Gentoo Linux

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

You can use these tags and emoticons: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

Generated in 0.087 seconds.